Strategi Humas UMS Jadi Rujukan, Tim Media Diktilitbang PP Muhammadiyah Lakukan Studi Banding
Biro Humas dan Pemeringkatan (BHP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima kunjungan dari Tim Media Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada Rabu, 26 Februari 2025. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Badan Pembina Harian (BPH) Lt. 6 Gedung Induk Siti Walidah (GISW) Kampus 2 UMS. Tujuan kegiatan ini yakni untuk membahas manajemen humas dan media, optimalisasi pengelolaan konten di media sosial, fotografi, website, serta campus tour.
KKunjungan ini dihadiri oleh 8 perwakilan
Tim Media Diktilitbang PP Muhammadiyah dan ddisambut oleh jajaran BHP UMS yang
aktif dalam pengelolaan komunikasi, sosial media, dan publikasi universitas.
Perwakilan Tim Media Majelis Diktilitbang,
Bima Aditya Fajrian, S.IP., menerangkan bahwa saat ini timnya hanya terfokus
untuk mengejar angka-angka seperti jumlah engagement, like, share saja. Selain
itu, juga harus memiliki ide-ide kreatif, inovasi, dan merangkul orang yang
sebelumnya tidak paham, menjadi paham.
Bima menerangkan sudah beberapa kali
merencanakan untuk silaturahmi ke UMS, karena dari survei internal yang
dilaksanakan, UMS merupakan salah satu universitas di Perguruan Tinggi
Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang mempunyai publikasi dan tim humas yang paling
baik.
Setelah melaksanakan kunjungan di BHP UMS, Bima mengatakan bahwa Humas UMS mempunyai pengelolaan media yang matang dengan strategi yang sangat baik. Kegiatan ini juga merupakan ikhtiarnya untuk bersilaturahmi ke PTMA untuk saling bertukar ilmu.
Kepala BHP UMS, Gunawan Ariyanto, S.T., M.Comp.Sc, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini menjadi momen strategis untuk berbagi pengalaman dan memperkuat sinergi dalam pengelolaan humas di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah. Gunawan juga memaparkan struktur yang ada di dalam Humas UMS, meliputi Pemberitaan, Sosial Media, Rumah Produksi, dan Marketing Komunikasi.
Kabid Humas dan Media UMS, Dr. Budi
Santoso, S.Sos., M.Si., menjelaskan bagaimana pembagian tugas dan peran dalam
tim, mulai dari produksi konten, publikasi, hingga pengelolaan media sosial.
Selain itu, dibahas pula strategi optimalisasi konten agar lebih menarik dan
informatif bagi masyarakat luas.
Melalui kunjungan ini,
diharapkan terdapat peningkatan sinergi dan inovasi dalam pengelolaan media dan
komunikasi di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah. Dengan strategi yang
tepat, humas dapat semakin berperan dalam memperkuat branding dan reputasi
institusi di tingkat nasional maupun internasional
Tidak ada komentar