Pelatihan STEAM-PjBL UMS Hadirkan Pembelajaran yang Lebih Menyenangkan untuk Guru SD
Halo CampusBrainers! Kabar baik datang dari Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang baru saja mengadakan pelatihan bertajuk “Penerapan Pembelajaran STEAM–Project Based Learning untuk Pembelajaran Matematika dan IPA Sekolah Dasar yang Menyenangkan”. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Tanon, Sragen, dan diikuti guru-guru dari berbagai sekolah Muhammadiyah di wilayah Sragen. Tujuannya? Memberikan wawasan baru agar pembelajaran Matematika dan IPA dapat disampaikan secara kreatif, inovatif, dan tentunya menyenangkan!
Pelatihan ini terdiri dari tiga sesi utama yang dirancang untuk memberi pengalaman langsung kepada peserta. Pada sesi pertama, Nuqthy Faiziyah, S.Pd., M.Pd., dari Prodi Matematika UMS menjelaskan konsep STEAM dan pentingnya membangun suasana belajar yang ramah bagi siswa. Ia menekankan bahwa guru perlu menghindari kesan “menakutkan” dalam pembelajaran matematika dengan menciptakan aktivitas yang memberikan visualisasi nyata sehingga siswa dapat belajar sambil menikmati prosesnya.
Sesi kedua diisi oleh Ika Candra Sayekti, S.Pd., M.Pd., dari PGSD UMS yang memaparkan materi Project Based Learning (PjBL). Ika menyoroti tiga tantangan yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran, yaitu keterbatasan media, kurangnya keaktifan siswa, dan minimnya kreativitas. Ia mengingatkan bahwa guru harus mampu berimprovisasi dalam situasi terbatas, karena pada dasarnya guru adalah “dalang” yang menggerakkan jalannya pembelajaran di kelas.
(IDAMAN)
Tidak ada komentar